PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku

BBPP BATANGKALUKU Gelar Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi Bagi Penyuluh dengan 11 Angkatan




Sebagai upaya peningkatan kompetensi profesi penyuluh pertanian, diperlukan sebuah keprofesian yang meliputi standarisasi, akreditasi dan sertifikasi.

Untuk mewujudkan hal itu BBPP Batangkaluku berencana melaksanakan Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi bagi Penyuluh Pertanian sebanyak 11 Angkatan di tahun 2019 ini.

Asesor Sertifikasi Fasilitator yang terlibat yaitu Abrahan, S.ST., M.Si, Ir. Umi Wahjuti, M dan Dr. Muh. Taufik, S.Pt., M.Si. Sedangkan asesor sertifikasi supervisor yaitu Dr. Ir. Bambang Gatut. N, M.Si, Ir. Hermaya Rukka, M. Si, dan Ir. Tini Saniati Koesno, M. Si.

Safaruddin salah satu peserta sangat antusias mengikuti pelatihan sertifikasi ini karena mereka merasakan aura baru, meningkatnya kapasitas, kompetensi dan merasa menjadi penyuluh yang semakin terdepan. Mereka mampu untuk berkembang di dunia penyuluhan pertanian, karena banyak penyuluh yang masih ragu menerapkan ilmunya walaupun yang mereka lakukan sebenarnya sudah baik dan benar. Tapi setelah melakukan sertifikasi mereka merasa lebih baik dalam hal membuat materi dan program – program penyuluhan lebih terarah dan sesuai dengan sasaran kelompok tani. Beliau juga berharap kepada seluruh penyuluh pertanian untuk jangan ragu mengikuti pelatihan sertifikasi ini karena hasilnya sangat nyata apalagi pelayanan di BBPP Batangkaluku yang membuat mereka sangat betah untuk belajar membuat ilmu yang di serap semakin baik.